19 Kerbau Hilang Tertimbun Material Letusan Oro-oro Kesongo

11

Blora, Lapan6tv I Sebanyak 19 kerbau milik warga yang sedang digembalakan dilaporkan hilang saat terjadi letusan lumpur dan gas di kawasan wisata geologi kawah Oro-oro Kesongo, di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Blora, Jateng. Hewan ternak yang hilang itu tengah digembala warga saat terjadi letusan.

“Totalnya ada 19 hewan ternak milik warga yang tertimbun lumpur. Hanya satu kerbau yang ditemukan selamat, dan sekarang sudah diurus pemiliknya,” Kata Parsidi Kepala Desa Gabusan, Parsidi saat dihubungi detikcom, Kamis (27/08/2020).

Parsidi menyebut warga di sekitar lokasi tak mengetahui ada tanda-tanda letusan di kawah Oro-oro Kesongo. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan muncul semburan lumpur.

“Tahu-tahu ada suara bergemuruh dari dalam tanah dan meletus,” terangnya.

Hingga siang ini, tercatat sudah ada tiga letusan di kawah Oro-oro Kesongo itu. Terakhir letusan terjadi pada pukul 13.15 WIB, namun tinggi material yang dikeluarkan tidak setinggi seperti letusan di gelombang pertama.

Dilansir detik Parsidi mengungkap letusan pertama Oro-oro Kesongo itu terjadi pada pukul 05.30 WIB tadi. Terdengar suara dentuman keras saat letusan pertama itu terjadi.

“Pertama kali letusan terjadi sekitar pukul 05.30 WIB suara dentumannya sangat keras hingga mendengingkan telinga,” ujar Parsidi.

Dia menyebut tinggi material yang dikeluarkan saat letusan hampir mencapai 40 meter. “Ini yang paling tinggi, sebelumnya tidak setinggi ini,” tuturnya.

Saat kejadian tersebut terdapat empat orang warga yang sedang mengembala hewan ternak di sekitar kawah Oro-oro Kesongo. Akibatnya empat tersebut mengalami keracunan gas yang disemburkan saat letusan.

“Keempat warga langsung dilarikan ke Puskesmas Jati. Alhamdulillah keadaannya semakin membaik,” terangnya.(dtc/re)

BERITA TERKAIT  Senpi WN Malaysia Perampok 6 Kg Emas di Tangerang Ternyata Korek Api