Banjir di Kaki Gunung Sinabung, Akses Jalan Desa Terganggu

137

KARO, Lapantv I Akibat banjir lahir dingin yang terjadi di bawah kaki Gunung Sinabung pada Rabu (10/7) malam, akses jalan menuju Desa Perbaji, Desa Kuta Mbaru dan jalan utama ke Kecamatan Tiganderket menuju Kutambuluh terputus.

“Akses utama menuju Desa Perbaji juga sempat putus karena material lahar Sinabung menutupi jembatan yang menuju Desa Perbaji. Selain itu jalur utama Tiganderket ke Kutabuluh sempat terputus,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, Kamis (11/7).

Natanail mengungkapkan bahwa hujan deras yang terjadi pada Rabu (10/7) pukul 19.00-20.00 WIB menyebabkan aliran Sungai Lau Barus meluap akibat lahar dingin Gunung Sinabung.

“Pas banjir lahar dingin tersebut, warga langsung keluar rumah dan mengungsi untuk sementara,” ungkapnya.

Sementara jalan untuk menuju masing masing Desa dilakukan melalui jalur lain atau jalur alternatif.

“Kemudian setelah selesai hujan warga dan petugas gabungan melakukan gotong royong. Setelah ditangani pukul 00.15 WIB sudah bisa dilalui kembali. Namun, harus berhati-hati,” terang Natanail.

Untuk diketahui bahwa banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Karo pada Rabu (10/7) malam menyebabkan desa di Kecamatan Tiganderket terendam banjir.

Satu desa yang paling parah terkena dampaknya adalah Desa Kuta Mbaru yang menyebabkan empat rumah dan satu puskesmas terendam lahar dingin. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.(Re)

BERITA TERKAIT  Pemko Siap Bantu Cari Staf Wali Kota Medan yang Seruduk Tim KPK