Cuma Modal Rp 100 Ribu Tesla Bisa Digeber Jakarta-Semarang

57

Jakarta, Lapan6tv I Tesla Model 3 resmi hadir di Indonesia dan melengkapi model S dan X yang sebelumnya didatangkan Prestige Image Motorcars. Tak hanya memiliki desain yang cantik dan elegan khas mobil Tesla, Model 3 juga diklaim memiliki jangkauan jarak cukup jauh.

Dikatakan Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim, Tesla Model 3 bisa menempuh jarak hingga 400 km ketika baterai terisi penuh. Jika disimulasikan, jarak tersebut hampir mirip dengan jarak Jakarta – Semarang yang 400 km-an.

Dilansir detik hari ini (3/9/2019) dengan kemampuan jelajah sejauh itu, Model 3 diklaim memiliki biaya yang murah dalam satu kali pengecasan.

“Biaya pengecasan kalau listrik di perumahan mewah, misalnya 1.500 watt, kalau sekali pengisian paling mahal Rp 100 ribu, paling murah Rp 70 ribu. Dan itu bisa menempuh 400 km. Kalau dibanding mobil premium lainnya, biayanya jauh seperempatnya,” kata Rudy.

Soal lama pengecasan, menurut Rudy tergantung dari daya listrik di rumah. “Sebenarnya (daya-Red) dua buah AC saja cukup, 4.000 watt. Cuma nanti lama, bisa 7 sampai 8 jam. Idealnya 10.000 watt, itu 3 jam sudah bisa full,” terang Rudy.

Tesla Model 3 hadir dalam tiga varian yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Masing-masing varian tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat. Ada pula jenis pelek yang tersedia yaitu ring 18 inci Aero Wheels.

Untuk Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

BERITA TERKAIT  Jokowi akan Diberikan Marga Suku Nias saat Hadiri Sail Nias September Nanti

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Klaimnya, Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya. (res/dtc)