Kerusuhan Rutan Kabanjahe, 4 Warga Binaan dan 2 Sipir Terlibat Edarkan Narkoba

9

Kabanjahe, Lapan6tv I Pasca kerusuhan di rumah tahanan (Rutan) Kelas II- B Kabanjahe di duga 4 warga binaan dan 2 Sipir terlibat edarkan narkoba.

Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budiutami mengatakan informasi sudah mereka terima semua dan meskipun tidak terdapat korban jiwa, namun pihaknya sudah mendapatkan keterlibatan warga binaan dan sipir terlibat dalam peredaran narkoba dalam Rutan.

“Kita masih dalami keterlibatan ini, ujar Sri.

Dalam peristiwa itu napi disebutkan “memanas-manasi” napi lainnya saat dirinya dihukum ‘penegakan disiplin’ karena kedapatan membawa narkoba. Dia disebutkan dikirim ke polres setempat, namun dikembalikan lagi ke rutan Kabanjahe, kata Sri Puguh.

Kemudian, “(Dia) memanas-manasi supaya mereka (para tahanan dan narapidana) melawan,” kata Sri kepada BBC, via telepon, sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu

Akibat kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Rabu (12/2) para tahanan langsung dievakuasi.

Seluruh tahanan ini dievakuasi secara bertahap dengan menggunakan mobil tahanan Polres Tanah Karo, dan mobil tahanan Kejaksaan Negeri Karo.

Tahanan yang sudah dapat dikeluarkan dari dalam Rutan langsung dibawa ke Mapolres Tanah Karo. Mereka dievakuasi dari bagian belakang Rutan, kemudian ke bagian samping, hingga akhirnya dimasukkan ke mobil tahanan.(res)

BERITA TERKAIT  Forum Mahasiswa Sultra Demo Minta Usut Penembakan¬†