Longsor Timpa Rumah Warga, BPBD Ponorogo Imbau Warga Segera Pindah

7

Ponorogo, Lapan6tv I Longsor terjadi dan menimpa rumah Bonasir (65) warga Desa Munggu, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu (15/1/2020). Material tanah dan batu menimbun sebagian dapur miliknya.

Rekomendasi dari BPBD Ponorogo, lokasi tersebut berbahaya. Sebab, sewaktu-waktu longsor susulan bakal terjadi. Ditambah material batu-batuan besar membuat keselamatan warga terancam.

“Rekomendasinya harus pindah, karena kalau longsoran itu dibersihkan banyak batu dari atas yang longsor ke bawah nantinya,” tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono kepada detikcom saat dikonfirmasi.

Menurutnya, longsor ini berasal dari tebing setinggi 12 meter yang persis berada di sebelah rumah korban. Tebal material longsor mencapai 3 meter didominasi bebatuan.

“Awalnya ada retakan di tebing ditambah hujan deras pada Selasa (14/1) kemarin hingga mengakibatkan longsor,” imbuh Budi.

Budi pun mengingatkan kepada masyarakat terkait bencana hidrometeorologi yang mengancam Jawa Timur. Dia pun mengimbau masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan untuk waspada bencana longsor.

“Kalau intensitas hujan deras dan durasinya lama perlu diwaspadai, harus segera mengungsi mencari tempat aman,” pungkasnya. (res/dtc)

BERITA TERKAIT  Agya Seruduk Truk, 3 Orang Meninggal