Mobil PCR Pemprovsu Mampu Keluarkan Hasil Swab Kurang dari 4 Jam

13

Medan, Lapan6tv I Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mengoperasionalkan mobil PCR atau Polymerase Chain Reaction. Mobil ini merupakan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Untuk upaya percepatan penanggulangan Covid-19.

Selain mobil khusus PCR pemerintah juga telah menyiagakan satu unit mobil ambulan yang didatangkan dari Pemeirntah Kabupaten Batubara.

Dua unit mobil ini disinggahkan ke posko utama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di rumah dinas gubernur sumatera utara. Rabu ( 23/9).

Keberadaan mobil ini nantinya akan mengatasai kesulitan gugus tugas di daerah banyak kendala terutama saat berhadapan langsung dengan masyarakat.

Dengan mendatangkan mobil PCR ini pemerintah setempat hanya butuh waktu paling lama empat jam untuk memperoleh hasil Swab test. Dengan begitu jika ada yang meninggal dunia gugus tugas bisa langsung memutuskan proses pemakaman seperti apa.

Peralatan yang ada pada mobil PCR ini bisa memeriksa antara 100 hingga 120 sampel PCR dalam sehari.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah Pemkab Batubara yang mendatangkan mobil PCR tersebut. Dia berharap dengan adanya fasilitas itu upaya penanganan Covid-19 di Sumatera utara semakin mudah.

Adapun untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Batubara Sejauh ini sudah sebanyak 91 orang. Belasan orang lainnya masih dirawat di rumah sakit sebagian besar sudah sembuh. Angka kematian akibat covid-19 di daerah itu juga masih nihil alias nol. (res)

BERITA TERKAIT  Kabaharkam Kenalkan Helm Smart KC Wearble