Pemprov Sumut Sediakan Ambulance Fasilitas Operasi dan Mampu Tembus Pelosok Desa

19

Lapan6tv.com, Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara salurkan ambulance ke sejumlah daerah untuk mendukung program kesehatan masyarakat desa. Ambulance ini memiliki fungsi lebih dan dapat digunakan untuk operasi ringan. Selasa (9/3/2021)

Nantinya ada tiga unit bus ambulan berikut tim medis untuk melayani masyarakat yang berada di daerah. Sedangkan fasilitasnya akan dilengkapi dengan standart ambulac kesehatan ditambah fasilitas alat operasi penyakit ringan.

Gubernur Sumatera Utara mengakui persediaan bus ini masih minim , namun mobil ambulan ini mampu menjangkau daerah daerah dengan akses jalan yang masih ekstrim sehingga penanganan medis dapat diperoleh masyarakat dengan cepat.

Selanjutnya ambulan ini akan di dukung oleh tim medis dengan membentuk satuan tugas bakti kesehatan bermartabat Sumut. Bekerjasama dengan tim medis Rumah Sakit Haji dan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan.

Program pengadaan bus ambulan ini dilatarbelakangi masalah masyrakat yang harus melakukan perjalanan jarak jauh akibat rujukan ke rumah sakit di kota. Dengan adanya bus ini diharapkan masyarakat dapat terbantu lebih cepat dan tidak harus melakukan perjalanan jarak jaub dalam kondisi sakit.

Untuk dapat memberikian pelayanana di tiga puluh tiga Kabupaten Kota Pemerintah Provinsi akan menambah jumlah ambulan dan ditargetkan akan berjumlah tujuh belas unit. selain bus ambulan juga akan ada bantuan mobil laboratorium dari Kementerian Kesehatan.(bas)

BERITA TERKAIT  Korban Gempa Sulbar Dapat Rp 25-50 Juta untuk Perbaiki Rumah