Pemungutan Suara Ulang, Sentra Gakumdu akan Diaktifkan Kembali

17

Lapan6tv.com, Medan I Menjelang pemungutan suara ulang (PSU) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara ingin mengaktifkan kembali Sentra Gakkumdu di tiga daerah di Sumut. Jumat (26/3/2021).

Seperti yang dijelaskan Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan bahwa pelaksanaan PSU berpotensi terjadi praktik politik uang maupun kegiatan kampanye terselubung.

Memang sebelumnya MK telah memutuskan pelaksanaan PSU, namun kini sedang terjadi status quo karena saat ini tidak ada tahapan kampanye.

Sehingga hal ini penting melakukan untuk pencegahan, serta penindakan terhadap pelanggaran.

Di samping juga, koordinasi dengan Bawaslu RI untuk menanyakan soal perekrutan penyelenggara adhoc yang baru atau tetap melibatkan penyelenggara adhoc yang lama.

Pasalnya, putusan MK juga memerintahkan agar KPU saat melaksanakan PSU menggunakan petugas PPK dan KPPS yang baru dari Pilkada Serentak 2020 lalu.

Pelaksanaan PSU akan dilakukan di tiga daerah yang diminta untuk melaksanakan PSU yakni, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Mandailingnatal (Madina). Di Labuhanbatu PSU akan dilakukan di 9 TPS, Labusel 16 TPS, dan Madina di 3 TPS.(bas)

BERITA TERKAIT  Viral, Massa Hakimi Dua Jambret HP