Pencemaran Bangkai Babi, Warga Resah, Pemko Medan Dirikan Posko Kesehatan

9

Medan, Lapan6tv I Pembuangan bangkai hewan Babi oleh orang tak dikenal dikawasan Danau Siombak Kecamatan Medan Marelan, membuat warga resah, ramainya pemberitaan tentang virus kolera babi membuat warga khawatir. jajaran Pemerintah Kota Medan kerahkan tim kesehatan dan dirikan posko. Kamis (7/11).

“Ya sudah setengah bulan ini, bau sekali bukan bau lagi, jadi malas dekat dekat danau,”ujar Aminuddin warga sekitar danau Siombak.

Dua pekan pasca peristiwa ini, jajaran Kecamatan bersama Dinas terkait seperti Kesehatan, dan Peternakan Kota Medan, langsung turun kelokasi lokasi. Mereka menemukan bangkai babi mengotori sekitar danau. Petugas mendapati ratusan bangkai hewan ternak babi yang sudah membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Dinaas Kesehatan menghimbau warga sekitar danau untuk tidak menggunakan air danau sebagai MCK karena khawatir dapat menularkan penyakit.

Dari catatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara, peristiwa kematian hewan babi secara mendadak ini, sudah cukup meluas. Daerah yang kini terjangkit virus sudah menyebar di beberapa kabupaten seperti Dairi, Humbahas Tapanuli Utara, Toba Samosir, Karo, Deliserdang. (res)

BERITA TERKAIT  Lahan Perkebunan Sawit Milik Warga di Asahan Terbakar