Penyimpanan Vaksin di Nisel Menghkhawatirkan

38

Lapan6tv.com, Nisel – Jelang vaksin massal, tempat penyimpanan vaksin di Kabupaten Nias Selatan dikhawatirkan bermasalah karena kurangnya pasokan litrik. Dari 8 puskesmas yang ada 6 puskesmas menggunakan jenset, 2 menggunakan listrik PT PLN namun tidak stabil. Kamis (25/2/2021)

Kondisi ini membuat PT PLN masih berupaya memasok listrik keseluruh area kepulauan Nias menjelang vaksinasi massal dikepulauan tersebut.

Saat ini kondisi kelistrikan yang tidak maksimal membuat penyimpanan vaksin dengan alat pendingin dibawah 8 derajat celsius cukup mengkhawatirkan, karena banyaknya jumlah vaksin untuk vaksinasi massal yang akan di terima di kepulauan tersebut.

Menurut Klara Zidomi salah seorang tenaga kesehatan di Pulau Pulau Batu Utara pasokan listrik yang stabil sangat dibutuhkan agar kedepan pada proses vaksinasi tidak memiliki kendala, di puskesmas tempat ia bekerja hanya menggunakan mesin pembangkit berupa generator yang beroperasi pada jam kerja terbatas, sehingga tidak memungkinkan menggunakan lemari pendingin.

Selain di Pulau Batu, di Pulau Tanah Masa Kecamatan Tanah Masa juga tidak adanya jaringan telekomunikasi sehingga informasi dari luar tidak dapat diterima. Bahkan informasi yang ingin di sampaikan tidak dapat dikirimkan. Mereka berharap adanya perhatian pemerintah dalam pasokan listrik dan jaringan telekomunikasi yang sangat dibutuhkan kedepan pada proses vaksinasi masal.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengakui ada seratus satu pulau kekurangan pasokan listirk dan masih banyak yang belum teraliri listrik. Sehingga pemerintah dan PT PLN masih berupaya keras dengan menyiagakan jenset mobile yang ditempatkan di puskesmas puskesmas. (bas)

BERITA TERKAIT  Pemerintah Mau Tunda Iuran BP Jamsostek hingga Akhir 2020