Ratusan Rumah di Simalungun Terancam Longsor

8

Simalungun, Lapan6tv I Ratusan rumah di Desa Bangun Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun terancam longsor. Saat hujan tiba warga terpaksa bertaha di luar rumah. Jumat (8/11)

Selain disebabkan hujan deras, kondisi aliran air sungai Bahbolon juga semakin deras dan semakin menggerus tanah. Sekitar 20 hektar tanah milik perkebunan dan warga sudah hilang karena gerusan air sungai.

Kondisi yang sudah sepuluh tahun lebih ini membuat warga khawatir, rumah mereka yang sebelumnya berjarak 50 meter dari pinggir sungai, kini hanya 15 meter saja.
tanah juga dalam kondisi retak dan bisa mengancam bahaya.

Kepala Desa Bangun Muhammad Azhar mengatakan, mereka sudah berulang kali melapor kepada badan penanggulangan bencana Kabupaten, dan masih dalam proses.

“Bupati dan anggota DPRD Simalungun diharapkan datang ke lokasi untuk melihat secara langsung/ dan bagaimana nanti solusinya” Ujar Azhar.

Ada beberapa titik rawan longsor terutama saat musim penghujan baik itu jalan lintas sumatera, hingga daerah pemukiman warga. Mereka terancam bencana longsor disebabkan tanah yang tergerus air sungai. (res)

BERITA TERKAIT  Terlibat Tawuran, Puluhan Palajar SMU Diamankan