Reklamasi Pantai Marak di Gunungsitoli, 7 Rumah Terancam Abrasi

9

Gunungsitoli, Lapan6tv I Akibat maraknya reklamasi pantai di kawasan Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli Nias Sumatera Utara, 7 unit rumah warga terancam abrasi.

“Sudah lama juga pembangunannya, kami khawatir banyak rumah disini sama rumah ibadah juga ada,” ujar Yanto warga di lokasi. Jumat (14/2)

Warga tidak mengetahui apakah pembangunan reklamasi pantai ini memiliki izin atau tidak, karena pembangunan masih terus berlangsung dengan banyaknya tumpukan material batuan besar.

sementara Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo mengatakan tim sudah melakukan pemeriksaan bersama instansi terkait, dan memang setelah adanya laporan warga terkait reklamasi pantai di lokasi tersebut ditemukan aktifitas reklamasi tanpa izin.

“Hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bertentangan dengan UU No 32 tahun 2007 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kemudian peraturan pemerintah No 27 tahun 2012 tentang izin lingungan dan peraturan daerah kota Gunungsitoli No 2 tahun 2014 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup,” ujarnya.

Dinas Lingkungan Hidup merekomendasikan agar aktifitas reklamasi tanpa izin ditertibkan oleh satuan polisi pamong praja kota Gunungsitoli. Hal tersebut dikarenakan adanya pembangunan reklamasi tanpa izin yang berada tak jauh dari permukiman warga sehingga menyebabkan erosi pantai serta kerusakan garis pantai.(res)

BERITA TERKAIT  Polisi Mendalami Ada Kelompok Lain di Demo Ricuh Mahasiswa di DPR